CRITICAL RIVIEW JURNAL (Tentang Bagian dari TIK)

CRITICAL RIVIEW JURNAL

  1. Data Jurnal
    Judul Jurnal
    An Introduction to Current Trends and Benefits Of Mobile Wireless Technology Use in Higher Education.

Penulis

  1. Sang Hyun Kim (skim@bus.olemiss.edu)
  2. Clif Mims (mims@olemiss.edu)
  3. Kerry P. Holmes (kholmes@olemis.edu)

(The University of Mississippi, Oxford, MS USA)

Nama Jurnal
Association for the Advancement of Computing in Education Journal

(AACE Journal)

Tahun Terbit dan Vol
2006, 14(1)

No ISSN
1551-3696

Jumlah Halaman
24 Halaman (77-100)

 

  1. Tujuan Artikel

 

Tujuan dari artikel ini adalah untuk memeriksa informasi terkini tentang teknologi mobile wireless dan menjawab 3 (tiga) pertanyaan penting seperti:

  1. Jenis-jenis technology mobile wereless apakah yang trend saat ini digunakan di pendidikan tinggi?
  2. Bagaimana akses technology mobile wereless ke sumber daya jaringan?
  3. Apa manfaat technology mobile wereless dalam pendidikan tinggi?

 

  1. Deskripsi

 

Penerapan proses pembelajaran berbasis elektronik, termasuk perangkat mobile atau disebut e-learning sudah banyak dilakukan. Pada artikel ini dijelaskan mengenai perkembangan teknologi pembelajaran e-learning dan mobile learning dengan mengembangkan sistim technology mobile wereless yang disesuaikan dengan trend terbaru dan sekarang menjadi technology terhangat digunakan dalam dunia pendidikan tinggi.

Selama beberapa decade terakhir, technology wareless telah digunakan oleh pendidik, administrator sekolah, siswa dan lain-lain dalam pendidikan tinggi untuk membantu mereka pada proses belajar mengajar.

Technology wereless memiliki akses terbatas, maka untuk mengatasi hal tersebut yang kecenderungannya sesuai model fleksibilitas pendidikan digunakan technology mobile wereless, dimana keuntungannya dari sisi mobilitasnya dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam belajar dan mengajar. Selanjutnya, artikel ini juga memberikan penekanan pada pemahaman pemanfaatan teknologi mobile wireless dimana diuraikan pula konsep penyambungan sistim jaringan mobile wireless dengan menggunakan public stasiun antenna atau Wireless Access Points (WAP) yang terhubung ke kabel jaringan di sebuah gedung atau area pubik untuk memberikan akses untuk sumber daya web dan kumunikasi untuk pengguna technology mobile wereless, dan hal ini sudah dilaksanakan pada pendidikan tinggi. Ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah perguruan tinggi dan universitas yang mengadopsi technology mobile wereless sebagai alat belajar mengajar.

Menguraikan cakupan wireless di pendidikan tinggi serta membahas tiga pertanyaan penting tentang penggunaan teknoogy mobile wereless dalam pendidikan tinggi yang menjadi tujuan dari artikel ini dengan membatasi pada

hanya tiga mobile wereless yaitu perangkat mobile computer wereless, Personal Digital Assistant (PDAs) dan mobile wereless cellular (dengan SMS dan MMS) karena digunakan secara luas termasuk pada Benefits of mobile wireless phones dalam pendidikan tinggi.

  1. Metodologi

 

Artike ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang diambil berupa penjabaran data sekunder, ini dapat dilihat dari tampilan table dan gambar yag ada.

  1. Analisis
  2. Keunggulan

Memaparkan manfaat dari penggunaan mobile wereless technology di lingkungan pendidikan tinggi yang dimulai dari manfaat computer mobile wereless dimana dengan menggunakan computer wereless kinerja dan proses pengajaran dosen, belajar siswa, komunikasi, dan kolaborasi menjadi meningkat. Selanjutnya Manfaat terbesarnya dari komputasi wereless adalah komunikasi, diikuti oleh siswa belajar, mengajar dosen, dan kolaborasi antara mahasiswa dan lembaga pendidikan tinggi.

Selanjutnya banyak manfaat telah diidentifikasi dalam penggunaan PDA dalam pendidikan tinggi, sehingga teknologi mobile wireless menawarkan manfaat kapan saja, di mana saja digunakan. Oleh karena itu, penggunaan PDA memungkinkan profesor dan siswa untuk bekerja lebih banyak di tempat daripada yang mereka bisa dengan teknologi kabel. manfaat lain manajemen informasi hasil dari semua proses digital dengan PDA; PDA mengganti semua pena dan manajemen berbasis kertas dengan manajemen berbasis elektronik. Kemudian kemampuan PDA memberikan manfaat lain dalam mengajar dan lingkungan belajar. Sebagai contoh, dalam sebuah seminar kelompok, siswa menggunakan kemampuan jaringan untuk mengirim dan menerima dokumen, spreadsheet, data, dan bahkan aplikasi kepada anggota kelompok lain tanpa kabel dan download proses. Selain itu, siswa menggunakan sistim jaringan wireless tersebut untuk mengirim pertanyaan, tugas, kuis, dan ujian kepada profesor sementara profesor dapat mengirim nilai dan jawaban kepada siswa langsung, artinya profesor dan mahasiswa dapat berbagi file dengan cepat dan dalam real-time.

Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa mobile wireless technology memiiki keuntungan banyak, diantaranya :

  1. Extreme Personalization, tempat menyimpan segala hal yang pribadi
  2. Pengaksesan dimanapun dan kapanpun.
  3. Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel (W-LAN) dan instaasi jaringan yang cepat.
  4. Kompatibel yang tinggi dengan technology lain.
  5. Reduksi biaya
  6. Kelemahan

Segala sesuatu ada kelebihan dan juga ada kekurangan, begitu juga dengan artikel ini, kekurangannya adalah sebagai berikut ;

  1. Data yang dimuat sebagai bahan pembahasan artikel rata-rata terbentuk dari hasil pemikiran orang lain.
  2. Hanya memperlihatkan manfaat dari mobile wireless tanpa memperhitungkan masaalah serta kekurangan dari mobile wireless technology, dimana hal yang penting sebagai kekurangannya adalah
  • Harus LoS (Line of Sight)
  • Security
  • Interferences
  • Keterbatasan Jarak
  • Izin Penggunaan frequency
  1. Hanya jenis ponsel yang konek dengan wireless dimana saat ini sedang digunakan dalam pendidikan tinggi, selanjutnya tidak diuraikan masalah bahwa sinyal kurang bisa menembus tembok dan yang digunakan hanya mobile wereless cellular (dengan SMS dan MMS) sementara program lain sudah ada.
  2. Pendukung Analisis

 

Ada beberapa yang menjadi pendukung dalam analisis pada critical review yaitu :

  1. Konsep computer mobile wereless.
  2. Konsep Personal Digital Assistants (PDAs).
  3. Konsep mobile wireless.
  4. Short Message Service (SMS) dan Multi Media Services (MMS)
  5. Contoh-contoh pendidikan tinggi yang telah menggunakan fasilitas Mobile Wereless Technology dalam proses pembelajarannya.

 

  1. Kesimpulan

 

Teknologi mobile wireless menarik dan sangat baru untuk pendidikan tinggi. Namun hal tersebut saat ini rata-rata sudah dilaksanakan di pendidikan tinggi bahkan telah dilaksanakan ditingkatan pendidikan dasar yang dimungkinkan karena karakteristik unik m-teknologi dan dampak positif diidentifikasi dalam pendidikan tinggi. Teknologi mobile wireless adalah perbatasan baru untuk mengajar dan belajar di lembaga pendidikan tinggi. Teknologi mobile wreless digunakan dalam pendidikan tinggi akan terus tumbuh dan akan menjadi lingkungan belajar pilihan.

 

  1. Daftar Pustaka

Ambur, R., Collette, J., & Tiahrt, C. (2002, May). Palm initiative: A two year experiment. Presentation at CUMREC conference, University of Minnesota.

Anderson, C. (1997). Enabling and shaping understanding through tutorials. In F. Marton, D. Hounsell, & N. Entwistle, (Eds.), The experience of learning (2 nd ed., pp. 184-197). Edinburgh, UK: Scottish Academic Press.

Bartel, C., & Meerts, J. (2002). Overview of next generation wireless data. Retrieved November 9, 2005, from http://www.educause.edu/ir/library/pdf/DEC0204.pdf.

BenMoussa, C. (2003, April). Workers on the move: New opportunities through mobile commerce. Paper presented at the UKAIS Conference, University of Warwick. Retrieved November 16, 2005, from http://www.warwick.ac.uk/~bsral/ukais/abstracts.php#73

Bishop, A.L., Dinkins, R.K., & Dominick, J.L. (2003). Programming handheld devices to enhance learning. Educause Quarterly, 1,50-53.

Boggs, R. (2002). ECAR study: Trends in wireless communications in higher education,seminar on academic computing.Retrieved November 9, 2005, from https://www.educause.edu/ir/library/pdf/EDU0218.pdf

Camponovo, G., & Pigneur, Y. (2003, April). Business model analysis applied to mobile business. Proceedings of the 5 th International Conference on Enterprise Information Systems (ICEIS),Angers, France.

Chen, F., Myers, B., & Yaron, D. (2000). Using handheld devices for tests in classes. Carnegie Mellon University School of Computer Science Technical Report, No. CMU-CS-00-152 and Human Computer Interaction Institute Technical Report CMU-HCII-00-101. Retrieved November 9, 2005, from http://www-2.cs.cmu.edu/~pebbles/papers/CMU-CS00-152.pdf

Cisco System (2003, January). Louisiana State University implements Cisco CTE 1400 series content transformation engines. Retrieved November 9, 2005, from http://www.cisco.com/warp/public/cc/pd/witc/cte1400/prodlit/louis_bc.htm

Cole, G. (2001, June). The classless society. Connectics. Retrieved November 16, 2005, from http://specials.ft.com/connectis/june2001/FT3EFBND7OC.html

Crawford, V., & Vahey, P. (2001). Palm education pioneers program: Round I preliminary evaluation report: SRI International. Retrieved November 9, 2005, from http://www.palmgrants.sri.eom/PEP_R1_Report.pdf

Dubendorf, V.A. (2003). Wireless data technologies. New York: John Wiley & Sons.

Fryer, W.A. (2002). Wireless computing: New opportunities and challenges in education. Retrieved November 9, 2005, from http://www.wtvi.com/teks/02_03_articles/wirelessfuture.html

Houser, C., Thornton, P., Yokoi, S., & Yasuda, T. (2001). Learning on the move: Vocabulary study via mobile phone email. In C. Lee (Ed.), En-hancement of quality learning through information and communication technology, ICCE2001, (pp. 1560-1567).

Galbus, A.C. (2001). Are wireless computers a cost effective alternative to fixed documenting and reviewing patient cares? Unpublished masters thesis, Cardinal Stritch University. Retrieved November 9, 2005, from http://www.pdacortex.com/wireless_computing_bedside.pdf

Garner I., Francis J., & Wales, K. (2002, June). An evaluation of the implementation of a short messaging system (SMS) to support undergraduate student learning. In S. Anastopoulou, M. Sharples, & G. Vavoula (Eds.), Proceedings of the European Workshop on Mobile and Contextual Learning (pp. 15-18), Birmingham, UK.

Jones, C., Connolly, M., Gear, A., & Read, M. (2002). Group interactive learning with group process support technology. British Journal of Education Technology, 32(5), 571-586.

Lehner, F., Nosekabel, H., & Lehmann, H. (2002). Wireless e-learning and communication environment: WELCOME at the University of Regensburg. e-Service Journal, 2(3), 23-41.

Levine, L.M. (2002, October). Campus-wide mobile wireless: Mobility and convergence. Syllabus.

Maginnis, F., White, R., & Mckenna, C. (2000, November/December). Customers on the move: m-Commerce demands a business object broker approach to EAI. eAI Journal, 58-62.

Malladi, R., & Agrawal, D. P. (2002). Current and future applications of mobile and wireless networks. Communications of the ACM, 45(10).

Market Data Retrieval (2003). College technology review: 2003-2004 Year. Retrieved November 9, 2005, from http://www.schooldata.com/pdfs/colltech04_intro.pdf

Mauve, M., Scheele, N., & Geyer, W. (2001, September). Enhancing synchronous distance education with pervasive devices. GI Jahrestagung, 2, 1117-1122.

McGhee, R., & Kozma, R. (2001). New teacher and student roles in the technology-supported classroom. Paper presented at the annual meeting of the American Educational Research Association, Seattle.

McKenzie, J. (2001). The unwired classroom: Wireless computers come of age. Educational Technology, 10(4). Retrieved November 9, 2005, from http://www.fno.org/jan01/wireless.html

Ng-Kruelle G., Swatman P.A., Rebne D.S., & Hampe F. (2002). The price of convenience: Privacy and mobile commerce. Quarterly Journal of Electronic Commerce, 3(3), 273-285.

Oku, M. (2001, July). High-level educational performance brings innovations to corporate culture. Retrieved November 9, 2005, from http://www.sw.nec.co.jp/english/special/e_learning/topmess01.html

Oliver, B., & Wright, F. (2002, February). The next big thing? Exploiting channels and handheld computers for student learning. Proceedings of the 11 th Teaching and Learning Forum, Perth, Western Australia. Palm, Inc. Success stories. Retrieved November 9, 2005, from http://www.palmone.com/us/education/studies/#teachers

Phipps, R.A., & Wellman, J.V. (2001). Funding the infostructure: A guide to financing technology infrastructure in higher education. Lumina New Agenda Series, 3(2). Retrieved November 9, 2005, from http://www.ihep.org/Pubs/PDF/FTI.pdf

Rzewnicki, A. (July, 2004). Rising demand lowers cost, Increasing usage of Wi-FI. Triangle Business Journal, In Depth: Triangle Tech News. Retrieved November 9, 2005, from http://www.bizjournals.com/triangle/stories/2004/07/26/focus2.html

Samuels, S. (2001, December). I wanna hold your handheld: ITS explores ways to support PDAs, faculty & staff news. fyi, 39(8). Retrieved November 9, 2005,from http://www.uiowa.edu/~fyi/issues2001_v39/12072001/pdas.html

Shim, M. K., & Shim, S. J. (2001). Mobile computing in higher education: Faculty perceptions of benefits and barriers. Journal of Educational Technology Systems, 29(4), 345-354.

Sims, G. (2002). UT@2015: A pocket PC experience. Educause Quarterly, 2, 69-72.

Seppälä, P. (2002). Mobile learning and mobility in teacher training. Proceedings of IEEE International Workshop on Wireless and Mobile Technologies in Education (WMTE), (pp. 130-135), Växjö, Sweden.

Seppälä, P., & Alamäki, H. (2003). Mobile learning in teacher training. Journal of Computer Assisted Learning, 19(3), 330-335.

Sommers, K., Hesler, J., & Bostick, J. (2001). Little guys make a big splash: PDA projects at Virginia Commonwealth University. Proceedings of the 29th Annual ACM SIGUCCS Conference, (pp. 190-193), Portland, Oregon.

Stone, A., & Briggs J. (2002). ITZ GD 2 TXT – how to use SMS effectively in m-learning. Proceedings of the European Workshop on Mobile and Contextual Learning, (pp. 11-14), Birmingham, UK.

Stone A., Briggs J., & Smith, C. (2002). SMS and interactivity—some results from the field, and its implications on effective uses of mobile technologies in education. Proceedings of IEEE International Workshop on Wireless and Mobile Technologies in Education (WMTE 2002), (147-151), Växjö, Sweden.

Swett, C. (2002, October). College students’ use of mobile wireless-internet connections becomes more common. Knight Ridder Tribune Business News, Washington, DC.

Tao, E. (2003, July). Wireless network deployment and its impacts on teaching and learning—a case study of California State University Monterey Bay. Proceedings of Syllabus, San Jose Marriott, Stanford University.

Thornton, P., & Houser, C. (2001, June). Learning on the move: Vocabu-lary study via email and mobile phone SMS. Proceedings of ED-MEDIA, (pp. 1846-1847), Tampere, Finland.

Tolson, S.D. (2001, June). Wireless laptops and local area networks. T.H.E. Journal, 28(11), 5, 62.

Trifonova, A. (2003). Mobile learning—review of the literature. (Technology Report No. DIT-03-009). University of Trento, Department of Information and Communication Technology.

Turban, E., Lee, J.K., King, D., Warkentin, M., & Chung, M. (2002). Electronic commerce 2002: A managerial perspective. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

2001 United States Census. Retrieved November 9, 2005, from http://www.census.gov

Vahey, P., & Crawford, V. (2002). Palm TM education pioneers program: Final evaluation report. Learning Technology Newsletter, 5(2). Retrieved November 9, 2005 from http://palmgrants.sri.com/PEP_Final_Report.pdf

Webopedia–Definition of PDAs. Retrieved November 9, 2005, from http://www.webopedia.com/TERM/P/PDA.html

Yuen, S., & Yuen, P. K. (2003). PDAs as educational power tools. Tech Directions, 62(9), 14-17.

Tinggalkan komentar